Halaman

Senin, 23 Juli 2012

Muliakanlah Orang-orang yang telah Memberi kita iLmu

Muliakanlah Orang-orang yang telah Memberi kita iLmu - Artikel  postingan ini tidak bermaksud untuk mengajari atau lenceramahi sahabat-sahabat swara Pendidikan.  Melainkan hanyalah sekadar berbagi opini sesuai dengan deskripsi yang tertera di bawah judul blog ini.




Memuliakan orang-orang yang telah memberimu ilmu pengetahuan merupakan suatu  keharusan. Keharusan yang semestinya menjadi kebiasaan bagi orang-orang yang telah memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Tujuannya adalah supaya ilmu yang diperoleh menjadi ilmu yang benar-benar bermanfaat, baik  bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.


Boleh dikatakan, jika tidak memuliakan orang-orang yang telah memberi ilmu maka ilmu yang diperoleh diperkirakan tidak banyak manfaatnya. Tidak banyak manfaatnya berarti   tidak banyak menolong diri sendiri maupun orang lain.


Orang yang memberi ilmu adalah orang yang dijadikan  sumber ilmu atau tempat belajar dan menimba ilmu dan memperoleh  ilmu pengetahuan. Konsep ini  tidak  terbatas hanya pada  guru di sekolah dan  dosen di perguruan tinggi saja.  Guru mengaji, guru les,  orang yang telah memberi nasehat bermakna, tutor, dan lainnya, juga  dapat dikatakan orang yang telah memberi ilmu.


Seorang Blogger atau webster dapat pula dikategorikan sebagai orang yang telah memberi ilmu kepada orang lain. Jika seseorang telah memetik ilmu dari seorang blogger kemudian mempraktekkannya pada blog atau webnya sendiri. Itu dikatakan ilmu yang bermanfaat. Maka suatu keharusan bagi siapa yang melakukannya untuk memuliakan blogger tersebut.


Memuliakan orang yang telah memberi ilmu tak mesti memberi hormat, menyembah, atau menundukkan kepala kepada mereka. Ucapan terima kasih dalam hati maupun disampaikan secara verbal, merupaklan salah satu perwujudan pemuliaan orang yang telah memberi ilmu. Namun yang paling penting ( barangkali ) tidak menyakiti hati orang-orang yang telah memberi ilmu. Tentu saja, masih banyak cara lain yang dapat diunjukkan sebagai pemuliaan terhadap orang yang telah memberi ilmu.

source list: , , , , , TEMPLATE BY Opa Soparudin © 2012. Just for Sharing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar