Laman

Sabtu, 21 Juli 2012

Tips Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa

Tips Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa - Assalamuallaikum, gimana puasanya hari pertama sahabat madhi.web.id? Pasti lancar kan? kali ini madhi akan share sedikit tips yaitu Cara Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa. Menjaga stamina ini sangat penting, agar selama puasa badan kita tetap fit untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Jangan puasa di jadikan alasan untuk bermalas-malasan, cari dan buat hal-hal yang bermanfaat. ayo kita berburu pahala untuk kelak bekal di akhirat. Mau tau cara Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa? Caranya mudah kok, seperti di bawah ini:
1. Ketika Saat Sahur, usahakan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang lebih banyak dibanding ketika berbuka dan Diusahakan mengkonsumsi gula rasa manis yang berasal dari zat-zat alami, misalnya gula aren, buah kurma, madu, atau bisa dari buah-buahan yang rasanya manis karena itu akan meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh.


2. Rajin membersihkan Gigi dan Mulut, Kenapa? karena selama  puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total (gak hanya makan dan minum, nafsu juga ya) hehe sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut. Agar mulut tetap sehat dan bebas berkreasi :D


3. Ini juga penting, sebisa mungkin untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, karena karbohidrat jenis ini lebih lambat dipecah oleh gula darah, sehingga tidak mengalami fluktuasi yang tinggi. Ketika gula darah stabil, ini membantu metabolisme energi tubuh. Contoh-contoh karbohidrat kompleks, diantaranya Umbi-umbian, oatmeal, roti gandum ataupun makanan sejenis lainnya.


4. Ketika malam hari usahakan untuk banyak minum air putih atau madu guna memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi.


5. Hindari buka puasa dengan minuman dingin atau es dan usahakan pula untuk minum air yang hangat dulu, karena minum air hangat untuk melancarkan sirkulasi darah menjadi optimal setelah seharian berpuasa.


6. Kurangi makanan yang berlemak, mengandung bahan pengawet yang berlebihan dan lain sebagainya.


Nah itulah sedikit tips cara Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa, semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa :)


9 out of 10 based on 99999 ratings. 99999 user reviews.


source list: , , , , , template by Opa Soparudin © 2012. Just for Sharing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar