Laman

Selasa, 14 Agustus 2012

PARA WANITA CANTIK PENDIRI START-UP TEKNOLOGI

Selama ini perusahaan teknologi sebagian besar selalu didominasi oleh pria. Mulai dari pendirinya, hingga yang mengisi jabatan eksekutif penting. Memang sih ada beberapa wanita di dalamnya, tapi itu bisa dihitung dengan jari.

Tapi tunggu dulu, kendati presentase pekerja wanita yang berkecimpung di dunia teknologi tergolong kecil namun ada beberapa dari mereka yang sukses melepaskan diri dari bayang-bayang pria untuk memimpin perusahaan.

Saat ini memang nama Sherly Sandberg dari Facebook dan Marissa Mayer yang merupakan CEO Yahoo, kerap disebut-sebut sebagai wanita 'perkasa' di jagat teknologi.

Selain kedua wanita itu, ternyata ada beberapa wanita cantik lainnya yang berkecimpung dan sukses di dunia IT. Bahkan beberapa di antaranya merupakan berlabel pendiri perusahaan.

Alexa Von, CEO dan Founder LearnVest

Von adalah mahasiswi yang DO (drop out) dari Harvard Bussines School untuk mendirikan LearnVest setelah dirinya memenangkan kompetisi bussiness plan Astia. Dia membangun perusahaannya tersebut dengan modal USD 1,1 juta.

Learnvest sendiri merupakan perusahaan penyedia piranti lunak yang menawarkan tools, konten dan perencanaan uang untuk wanita.

Sukhinder Singh Cassidy, Founder dan Chairman Joyus

Singh Cassiday mendirikan perusahaan video berbasis e-Commerce yang diberi nama Joyus. Situs ini membantu pelanggan mendapatkan barang favorit yang diinginkannya.

Wanita ini memang sudah lama melintang di perusahaan teknologi dan internet. Sebelum mendirikan Joyus, dia adalah CEO Polyvore. Sempat juga bekerja untuk Google, Amazon, Yoddle dan News Corporation.

Olga Vidisheva, Founder Shoptiques

Alumni Harvard Bussines School dan Y-Combinator, ini mendirikan Shoptiques sebuah toko online yang menawarkan pakaian yang didesain oleh perancang busana lokal.

Kendati banyak toko online sejenis, Shoptiques berhasil mencuri perhatian karena kebanyakan konsumennya berasal dari berbagai negara.

Cherly Yeoh, Co-Founder dan CEO Reclip.it

Pada tahun 2010, Yeoh berpartisipasi dalam sebuah program inkubator bernama Lauchbox Digital. Pengalaman dari program tersebut plus kemampuannya dalam skill bisnis membuatnya berani membangun startup pertamanya CityPockets.

Di tahun 2012, Yeoh meluncurkan Reclip.it yang merupakan situs inovatif dalam perencanaan keuangan. Saat ini dia memimpin start-up barunya tersebut menuju gerbang kesuksesan.

Tracy Sun, Co-Founder Poshmark

Setelah menyelesaikan program studi MBA di Dartmouth College, Sunt bekerja selama dua tahun sebagai VP di Brooklyn Industries.

Baru pada tahun 2010, dia mendirikan Poshmark, sebuah aplikasi iPhone yang memungkinkan pengguna mencari dan membeli busana dan aksesori terkini dan terlengkap.

Sandy Jen, co-founder dan CTO Meebo

Jen memiliki latar belakang pendidikan sebagai insinyur dan pengembang software, mendirikan Meebo bersama dengan temannya Seth Sterberg dan Elaine Wherry pada tahun 2005. Tujuan didirkan Meebo agar pengguna internet bisa melakukan online dengan cepat.

Kesuksesan Meebo membuat Google terpikat, yang membuat Meebo akhirnya diakuisisi dengan nilai sebesar USD 100 juta.

sumber


source list: , , , , , TEMPLATE BY Opa Soparudin © 2012. Just for Sharing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar